IQ balita dapat dittingkatkan dengan mendengarkan bacaan Al-Qur'an

Rabu, 10 Juni 2009

Al Qur'an, kitab suci umat Islam ternyata dapat merangsang tingkat intelegensia seorang anak. Ketika diperdengarkan lantunan ayat suci IQ

bayi yang baru lahir bisa meningkat. Apa buktinya?
Seorang bayi yang baru lahir sekitar 48 jam langsung memperlihatkan reaksi wajah yang ceria dan sikap yang lebih tenang.

Seperti yang diketahui, dengan mendengarkan musik, detak jantung bayi menjadi teratur. Untuk orang dewasa akan menimbulkan rasa cinta hanya arahnya tidak tentu. Sedangkan Al-Qur'an selain itu dapat meningkatkan rasa cinta terhadap Tuhan Yang Maha Pencipta. Jika diperdengarkan kepada bayi, akan merupakan bekal bagi masa depannya sebagai muslim baik di dunia ataupun di akhirat.

Seperti yang kita ketahui dalam musik mengandung not-not balok, komposisi nada dan birama secara kompleks dan harmonis, secara psikologis merupakan jembatan otak kiri dan kanan dengan output beripa peningkatan daya tangkap / konsentrasi. Ternyata, Al-Qur'an melakukan hal sama. Ketika diperdengarkan dengan tepat dan benar sesuai dengan tajwid dan makhrojnya, Al-Qur'an mampu merangsang syaraf otak anak.

Neuron pada bayiyang baru lahir kosong ibarat kertas belum ada tulisannya berarti siap untuk menerima apapun yang bisa menjadi masukan berbagai fenomena dan akhirnya membentuk intelektual. Neuron itulah sebagai faktor dasar penunjang kehidupan seperti halnya jantung.

Otak telah tumbuh jauh sebelum bayi lahir dan pendengaran akan tumbuh lebih dulu daripada penglihatan dan lain sebagainya. Jadi untuk menumbuhkan hal yang positif dan kondusif selama masa itu sangat dibuthkan sehingga tidak membuat otak diam atau menganggur dan akhirnya mempengaruhi tingkat kecerdasannya.

Sebagai seorang muslim menciptakan generasi penerus yang mantap, sebaiknya sejak dalam kandungan diperdengarkan bacaan Al-Qur'an. Hal ini bertujuan bukan hanya mengajak bayi memahami kandungan/makna tapi memperkuat daya tangkap/konsentrasi otak bayi. Semakin mudah menghafal ayat Al-Qur'an beserta terjemahan saat memasuki masa belajarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

BaNNeRs

My Followers

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP