Makanan Sehat

Senin, 08 Juni 2009

Adalah makanan yang berisi zat-zat gizi yang memberikan tubuh energi untuk bergerak,pertumbuhan serta pembangun. Kita semua membutuhkan berbagai macam makanan yan mengandung gizi agar tetap bugar dan sehat. Makanan yang beranekaragam dan manfaat disebut juga diet seimbang. Piramida makanan menunjukkan apa saja yang harus dikonsumsi dalam perbandingan yang tepat.


Susu seperti susu sapi banyak mengandung kalsium menyehatkan tulang dan gigi. Buah dan sayuran segar mengandung serat serta vitamin mineral yang akan melancarkan pencernaan.

Makanan karbohidrat seperti nasi, roti,kentang akan mensuport tenaga yang dikeluarkan setiap harinya. Lemak menjaga tubuh tetap hangat tetapi hanya boleh sedikit di konsumsi dibanding zat lain.

Makanan tidak seimbang dan tidak sehat adalah makanan yang mengandung banyak lemak dan garam serta sedikit sekali serat atau vitamin.

Mengapa kita harus makan? karena makanan menyediakan energi yang kita butuhkan untuk melakukan kegiatan seperti berenang, bermain, bekerja dan lain-lain. Energi yang dihasilkan dimanfaatkan oleh otot untuk berkontraksi dan menggerakkan tubuh.

Saat tubuh terjaga ataupun beristirahat, makanan yang sudah masuk tetap dicerna oleh tubuh dan di bawa ke seluruh sel tubuh melalui darah. Saat zat gizi berkurang setelah digunakan oleh sel, otak mengalami penurunan jumlah zat dalam darah, saat inilah kita akan merasa lapar dan haus.....nah makan lagi deh....

Sebetulnya tubuh melakukan perbaikan sendiri terhadap sel-selnya. Proses perbaikan ini terlihat jelas jika kita mengalami luka akibat terjatuh atau tergores, lama kelamaan luka akan menutup. Ini terjadi karena adanya bantuan gizi dari makanan yang kita makan...so,..konsumsilah makanan sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

BaNNeRs

My Followers

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP